Jumat, 26 Oktober 2012

Mereka itu bukan kurang tapi lebih



Dalam hal  financial emang gw lebih dari mereka, tapi kalo urusan sabar, tabah & ikhlas mereka jauh lebih lebih lebih dari gw.
Mereka ? siapa ? Deva (depa) sama keluarganya, hidup sama seorang ibu plus 2 adiknya di daerah puncak-Bogor, rumahnya jauh dari kata layak, jauh banget. Deva anak sulung dari 3 bersaudara, umurnya baru 10 tahun tapi bebannya udah kayak orang 25 tahun. Kenapa ? karena dosky harus banting tulang cari uang bantuin ibu nya buat makan sehari hari.
Anak sekecil itu bisa apa ? anak hebat bisa apa aja, saat ibu nya minta depa buat ngelakuin sesuatu depa pasti langsung berubah jadi manusia serba bisa dan luar biasa, sehari-hari dosky nyari kentang di kebun punya orang lain, kalo udah dapet ya dijual dan itu nggak seberapa, kalo diduitin Cuma bisa dapet maksimal 5000 doang, bakalan cukup tuh buat makan 4 orang ? jawabannya pasti nggak, tapi ya mau gimana lagi, harus di cukup-cukupin. Kalo hari libur ada lagi cara depa dapetin duit, dosky jualan air mineral, (sebut saja Aqua) di daerah deket rumahnya yg kebetulan tempat wisata, dosky ambil air mineral itu dari warung, Cuma perantara lah istilahnya. Keliling keliling, kepanasan, kelaperan, kecapean jualan aer sampe habis trus dosky dapet upah dari yg punya warung Cuma 2 ribu.
Nggak Cuma itu, depa harus sabar ngurusin ibunya yang sakit sesak nafas, nggak jarang depa harus lari-lari nyari air minum sama obat sesak nafas kalo ibu nya tiba-tiba kambuh pas lagi nyari kentang.
Gw tadi bilang depa anak hebat trus anak hebat bisa apa aja, udah susah payah nyari duit dari pagi sampe sore, capek,pegel,ngantuk, laper itu udah pasti, TAPI walopun depa diserang sama yg namanya capek, pegel, ngantuk, laper depa tetep ikhlas buat mijitin nyokapnya, buat depa lebih baik dia yg capek banget dari pada nyokapnya. Subhanallah.
Depa sekolah ? jawabannya “nggak”, kenapa ? “nggak ada biaya, lagian malu suka dihina sama temen-temen”. Ya Allah, kata-kata terakhir itu bikin sedih.
Depa emang nggak sekolah tapi dosky punya banyak ilmu di hatinya, ilmu sabar, ilmu tabah sama ilmu ikhlas, dan itu nggak bisa didapetin disekolah biasa, itu sekolahnya sama Allah.
Dari situ gw mikir ternyata yang lebih beruntung itu bukan gw tapi mereka, kenapa ? karena mereka punya ilmu sabar, ilmu tabah sama ilmu ikhlas yang lebih lebih lebih banyak dari pada gw, kalo kata game, mereka itu udah expert dan gw masih new be.
Ya Allah semoga di kemuain hari, hidup mereka bisa lebih baik dari hari ini. Aamiin


Source : orang Pinggiran, Trans 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar